Jalur Pantura Jateng Siap Layani Arus Mudik Lebaran

Jalan Lintas Pantai Utara (pantura) Jawa Tengah dari Semarang-Pekalongan-Tegal-Brebes secara umum dalam kondisi baik untuk dilewati oleh para pemudik pada lebaran ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Taufik Widjoyono saat melakukan pemantauan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk jalur lebaran 2014, Selasa (8/7).

“Kalau dilihat secara umum jalan lintas dari Semarang-Tegal-Kali Jaga bisa dilewati dengan baik meskipun teman-teman Satker harus memastikan bahwa kerusakan-kerusakan kecil agar bisa ditangani dengan segera” ujar Taufik.

Hal ini mengingat pekerjaan pokok di sepanjang lintas tersebut sudah dihentikan untuk memberikan kesempatan agar lalu lintas dapat lewat dengan lancar dan akan dilanjutkan setelah lebaran . Penghentian pekerjaan ini membuat kendaraan dapat lewat dengan lancar, tanpa ada antrian akibat pekerjaan.

Beberapa pekerjaan yang dihentikan sementara tersebut antara lain peningkatan struktur Batang-Batas Kabupaten Kendal B berupa rigid pavement sepanjang 5,10 km; peningkatan struktur jalan Pemalang-Pekalongan berupa rigid pavement sepanjang 6,60 km; Penggantian Jembatan Kalianyar Cs berupa pelebaran jembatan sepanjang 10 m; dan Pemeliharaan Berkala Jalan Losari-Pejagan-Brebes berupa flexible pavement sepanjang 3,20 km.

Walaupun dari sisi perkerasan jalan sudah tidak ada masalah, Taufik berharap agar para pemudik tetap berhati-hati dan waspada karena banyak titik-titik yang berpotensi macet akibat pemanfaatan kanan kiri jalan oleh pasar tumpah, dan jalan yang bersimpangan dengan rel.

Turut mendampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Marga Yusid Toyib, Sekretaris Dewan Korpri Langgeng Mulyo, Kasubdit Bina Pelaksana Wilayah II B Atyanto Busono, dan Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Jawa Tengah Sumarjono.(ida)

Pusat Komunikasi Publik 080714